Selasa, 10 Februari 2015

Ayah Amni

(SAATNYA) BMT KEMBALI KE MASJID

Sebuah BMT adalah Baitul Maal Wattamwil,fungsi awal sebuah BMT adalah sebuah gerakan pemberdayaan yang menghimpun zakat, infaq dan shadaqah sebagai dana awal untuk melakukan gerakan pemberdayaan.BMT juga aktif dalam mengembangkan usaha produktif dan investasi dalam peningkatan kualitas pengusaha kecil (mikro dan supermikro) dengan mendorong kegiatan menabung dan kegiatan ekonomi lainnya. Seiring dan sejalan dengan perkembangan dan keharusan untuk melakukan pembenahan dan profesionalisme beberapa BMT mulai melakukan banyak pembenahan; perbaikan SOP, peningkatan service excellent, dan perluasan wilayah kerja. Selain memiiki gedung sendiri, beberapa BMT sudah memiliki Mobil Sehat dan Ambulance yang dimiliki oleh Baitul Maal dari beberapa BMT.
Kilas balik 20 tahun yang lalu, BMT Beringharjo salah satu BMT terbesar di DIY, di awali di serambi Masjid Muttaqin di dekat Komplek Pasar Beringharjo. Jika bukan berkantor di masjid 90 % BMT yang ada berawal dari jamaah masjid, dan atau rapat Takmir Masjid. Dompet Dhuafa memberikan suntikan modal awal diantaranya kepada BMT Beringharjo, BMT Bina Ummah, BMT Al-Ikhlas dan BMT Agawe Makmur. Saat ini ke empat BMT tersebut sudah ber asset lebih dari 20 M. Sementara itu LPM UII juga memberikan bantuan modal penyertaan kepada beberapa BMT di Sleman diantaranya kepada BMT Mitra Usaha Mulia, dan BMT Mitra Usaha Ummat yang saat ini assetnya juga sudah lebih dari 15 Milyar.
Koperasi sekunder Syariah juga sudah ada di DIY, selain Puskopsyah DIY dengan anggota yang terdiri dari koperasi syariah berpola BMT di kota, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul di setiap Kabupaten juga memiliki Pusat Koperasi Syariah ; di Sleman dengan Puskopsyah FORMES, Puskopsyah Bantul, Puskopsyah Kulon Progo dan Puskopsyah Gunung Kidul, sementara BMT di kota jogja saling mengikatkan diri dengan Absindo Kota.
Kegiatan Baitul Maal juga mulai bergerak, UU Zakat tidak menghalangi BMT untuk mengoptimalkan fungsi dan perannya, BMT yang ada di jogja menjalin sinergi dengan Dompet Dhuafa dan Baitul Maal Muamallat dengan menjadi Mitra Pengelola Zakat (MPZ) dari 2 lembaga Amil Zakat tersebut. Hasilnya sinergi tersebut lebih memberikan citra positif dan pertumbuhan yang signifikan disertai dengan kegiatan Baitul Maal yang lebih profesional.Kegiatan terakhir Baitul Maal Artha Barokah sebagai MPZ Dompet Dhuafa menyelenggarakan Personal Leadership Training bersama Supardi Lee yang merupakan salah satu trainer sekaligus motivator tingkat nasional.
Awal februari ini, Dewan Masjid Indonesia dengan dukungan penuh dari BMT BIF menyelenggarakan Temu Karya Takmir Masjid se DIY yang ternyata hampir 25 % yang hadir adalah insan BMT, dari sinilah penulis berharap agar BMT kembali ke Masjid. Sehingga selain menjadi rumah ibadah masjid juga bisa menjadi “home of empowering” dengan manajemen pengelolaan yang amanah, professional dan mandiri sehingga bisa meningkatkan selain ruh spriritual juga ruh empowering. Jika hal ini bisa dilakukan, harapannya rumah tangga di sekitar masjid selain tidak ada rentenir,maka keluarga miskin akan lebih berdaya dan tidak ada anak putus sekolah sebelum mereka menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah minimal sampai SMA/SMK.
Azfa Mutiara Ahmad Pabulo
Kontributor Absindodiy.net

Ayah Amni

About Ayah Amni -

Author Description here..

Subscribe to this Blog via Email :