Kamis, 29 Desember 2016

Admin BMT Arafah

Pemindahan Para Pedagang Pasar Siluwok


Kamis (29/12/2016) para pedagang pasar tradisional yang berada ditepi jalan Nasional Wates - Purworejo atau tepatnya diwilayah Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dipindahkan secara beramai-ramai ke pasar tradisional Jombokan atau diwilayah Pedusunan Jombokan Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih yang masih dalam satu wilayah. Pemindahan para pedagang Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dikarenakan lahan yang digunakan untuk pasar tersebut merupakan lahan/tanah milik pribadi dan selain itu juga di wilayah pasar Siluwok juga sebagai langganan banjir sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan para pedagang maupun para warga yang hendak berbelanja atau berkunjung.

Para pedagang yang berjualan dilokasi dipasar Siluwok tersebut berbagai macam komoditas barang dagangannya seperti peralatan rumah tangga, makanan, serta sembako dan juga berbagai macam sayuran. Para pedagang pasar Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dengan terpaksa harus dipindahkan agar tidak terjadi korban bencana banjir serta pasar Siluwok tersebut merupakan daerah langganan banjir dan rawan dengan kecelakaan lalu lintas.

Menurut keterangan dari Kepala Desa (Kades) Tawangsari Kecamatan Pengasih sebelum adanya pemindahan para pedagang pasar Siluwok tersebut sudah dimusyawarahkan dengan para pedagang dan para pedagang yang berjualan dipasar Siluwok menyetujuinya. Pemindahan para pedagang pasar Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dengan pawai yang diringi oleh kesenian tradisional gedruk topeng ireng serta dengan rute dari Pasar Siluwok menuju pasar Jombokan yang merupakan pasar yang akan ditempati, dan dengan jarak tidak kurang dari 1 kilometer.

Dilokasi pasar yang baru direncanakan keberadaan pasar akan beroperasi tiap hari, bahkan dari pagi sampai sore. Sedangkan dipasar Siluwok ( Pasar lama ) hanya tiap pasaran yakni pasaran Pon dan Kliwon. Para pedagang yang biasanya berjualan dipasar tradisional Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih berasal dari lauar Kecamatan Pengasih bahkan ada dari daerah Purworejo, Bantul, dan Sleman. Pasar tradisional yang berada ditepi jalan Nasioanal Wates - Purworejo atau tepatnya di Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih merupakan pasar tradisional beroperasi tiap hari walaupun jumlah para pedagangnya terbatas dan kini para pedagang pasar tradisioanl tersebut harus rela pindah dan menempati pasar yang baru dengan menggunakan tenda bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kul;onprogo. Pemerintah Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih berharap kepada para pedagang yang berjualan dipasar tersebut bisa bekerja sama yang baik, rukun, damai, aman. Para pedagang tidak akan cemas dan khawatir jika terjadi hujan turun.

==============
http://pengasih.kulonprogokab.go.id/article-312-pemindahan-para-pedagang-pasar-siluwok.html

Admin BMT Arafah

About Admin BMT Arafah -

Author Description here..

Subscribe to this Blog via Email :